Imlek adalah perayaan Tahun Baru Tionghoa yang identik dengan penuh warna dan kegembiraan. Imlek, juga dikenal sebagai acara terpenting bagi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Perayaan ini diwarnai dengan berbagai tradisi dan ritual yang penuh makna, serta dimeriahkan oleh berbagai kegiatan yang melambangkan kehangatan dan kegembiraan antar keluarga. 

Berikut adalah 4 hal yang harus dihindari saat Imlek:

1. Membersihkan Rumah: 

Menurut tradisi, membersihkan rumah pada hari Imlek dianggap dapat membuang keberuntungan dan rezeki yang akan datang di tahun baru. Sebaiknya Kesayangan Oma dapat melakukan sehari sebelumnya atau beberapa hari setelahnya. 

2.  Memotong Rambut: 

Memotong rambut juga dihindari pada hari Imlek karena dianggap akan memotong hubungan dengan keberuntungan dan kemakmuran. Sebaiknya Kesayangan Oma dapat memotong rambut sebelum atau setelah Imlek, bukan pada hari itu.

3. Memakai Pakaian Hitam dan Putih:

Warna Hitam dan putih dikaitkan dengan kesedihan dan kematian dalam budaya Tionghoa.  Memakai pakaian berwarna hitam atau putih pada hari Imlek dianggap tidak pantas, karena Imlek adalah saat untuk merayakan kegembiraan dan keberuntungan. Oleh karena itu, Kesayangan Oma dapat memakai baju berwarna cerah dan merah yang melambangkan keberuntungan dan kebahagiaan.

4. Mengucapkan Kata-kata Negatif: 

Mengucapkan kata-kata negatif seperti “sakit” dan “mati”, diyakini dapat membawa kesialan dan mengganggu keberuntungan. Maka dari itu, Kesayangan Oma diharapkan untuk mengucapkan kata-kata yang positif dan memberikan semangat kepada orang lain selama perayaan Imlek.

Dalam perayaan Imlek, penting bagi Kesayangan Oma untuk memperhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan kebenaran pantangan-pantangan ini, menghormati tradisi adalah bentuk penghargaan terhadap budaya dan nilai-nilai masyarakat Tionghoa.

 

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180215143409-277-276454/10-hal-yang-pantang-dilakukan-saat-imlek

https://www.detik.com/bali/berita/d-7176351/8-pantangan-imlek-jangan-dilakukan-agar-terhindar-dari-malapetaka