Masa pertumbuhan bayi, balita dan anak-anak membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang cukup supaya otak dan fisik mereka dapat berkembang dengan optimal. Maka dari itu, mengonsumsi makanan bergizi dengan nutrisi lengkap merupakan keharusan bagi anak-anak di kehidupan sehari-hari mereka. Kesayangan Oma harus mengetahui makanan-makanan apa saja yang perlu diberikan secara teratur untuk Si Kecil.

Berikut vitamin yang diperlukan untuk Si Kecil.

1. Vitamin A
Vitamin A berfungsi memperkuat tulang dan gigi, serta menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga ternyata punya peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh agar optimal membentengi tubuh lawan. Vitamin A didapat dari buah-buahan serta sayur-mayur yang punya warna orange dan kemerahan, seperti wortel, tomat, cabe merah, jeruk, ubi, serta paprika.

2. Vitamin B dan B Kompleks
Secara umum, manfaat Vitamin B bagi tubuh adalah menunjang berbagai fungsi dalam tubuh manusia. Selain membantu pembentukan energi dalam tubuh dan membantu penyembuhan luka, Vitamin B juga mendorong produksi sel darah merah serta meningkatkan kesehatan kulit, jaringan sel otak, serta berbagai jaringan sel dalam organ tubuh lainnya.
Berbagai jenis serealia seperti beras, oat dan gandum merupakan contoh makanan yang mudah diolah yang kaya akan Vitamin B. Untuk sayur dan biji-bijian, sumber Vitamin B didapat dari bayam, kacang panjang, kacang hitam. Kemudian, sumber Vitamin B6 dan asam folat yang baik dikonsumsi adalah brokoli, kacang polong dan almond.

3. Vitamin C
Vitamin C juga menunjang proses penyembuhan dalam tubuh. Karena itu, bila Si Kecil terluka, baik itu luka karena jatuh, benturan atau luka bakar. Vitamin C juga punya peran penting untuk menjaga kesehatan gusi, jaringan sel dalam tubuh, melancarkan peredaran darah dan kesehatan pembuluh darah di seluruh badan.
Sumber Vitamin C dengan kadar tertinggi di alam berasal dari buah-buahan dalam keluarga sitrus. Minum jus buah jeruk murni, jeruk pomelo/jeruk Bali, jeruk lemon dan nipis setiap harinya dapat meningkatkan level imunitas tubuh, terutama saat musim hujan dan masa pandemi seperti sekarang ini.

4. Vitamin D
Vitamin D adalah satu-satunya vitamin yang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Bagaimana caranya? Lewat paparan sinar matahari. Itulah alasannya bayi baru lahir dianjurkan untuk “dijemur” di pagi hari. Bila kebetulan cuaca sedang buruk dengan hujan terus menerus, Kesayangan Oma dapat tambahkan asupan Vitamin D untuk Si Kecil lewat makanan. Ikan yang berminyak seperti salmon, sarden dan makerel, kuning telur, hati sapi, susu sapi, keju dan susu kedelai serta jamur bisa jadi pilihan Kesayangan Oma untuk asupan Vitamin D tambahan saat musim hujan.

5. Vitamin E
Berkat khasiat Vitamin E, perkembangan jaringan otak Si Kecil dapat berjalan maksimal. Sebagai salah satu sumber antioksidan, Vitamin E mendorong produksi sel darah putih. Vitamin E juga merupakan booster terbaik untuk daya ingat dan penunjang konsentrasi bagi Si Kecil. Sayur-sayuran dengan daun hijau (bayam, kangkung), brokoli, kol, kemudian minyak nabati untuk memasak (minyak zaitun dan minyak bunga matahari) serta biji labu merupakan sumber baik dari Vitamin E.

Sumber:

https://www.generali.co.id/id/healthyliving/detail/664/vitamin-untuk-anak-anak-mana-saja-yang-betul-betul-penting

https://www.alodokter.com/mineral-dan-vitamin-anak-yang-penting-bagi-pertumbuhan-mereka