Seringkali orang tua mengalami kejadian dimana si kecil susah sekali disuruh makan, padahal di masa pertumbuhan si kecil sangat memerlukan gizi makanan yang cukup dan waktu makan yang sesering mungkin. Hal tersebut kerap menjadi tantangan yang harus dihadapi para orang tua, terutama seorang ibu. Saat menghadapi anak yang susah makan, orang tua perlu mengenali dulu apa saja penyebab si kecil tidak mau makan.Bisa saja karena anak tidak suka dengan aroma, bentuk, dan rasa yang baru pertama kali mereka coba, atau bisa juga karena sebelumnya orang tua pernah memberinya makanan cepat saji sehingga si kecil terbiasa dengan makanan yang memiliki perisa makanan yang kuat, dan mereka tidak mau ketika diberi makanan sehat yang tidak menggunakan perisa. Nah untuk menghadapinya memang memerlukan kesabaran dan strategi sendiri, ini dia tips untuk ibu agar si kecil mau makan.

  1. Berikan makanan dalam porsi kecil, tapi sering

Saat anak melihat porsi makanan yang terlampau banyak, mereka langsung tidak tertarik untuk memakannya. Daripada memberikan anak makanan dalam porsi besar sekaligus, lebih baik memberinya makanan yang dapat memenuhi gizi anak dalam jumlah sedikit – sedikit, sehingga anak akan semangat untuk memakannya karna berfikir akan bisa cepat menghabiskannya. Lebih baik memberinya dengan porsi yang sedikit namun diakali dengan lebih sering memberinya makanan.

  1. Buat waktu makan yang teratur

Memberi makan anak secara teratur, akan mengajarkan anak sedari kecil untuk membiasakan diri bahwa waktu makan yang benar yaitu tiga kali sehari saat pagi hari, siang hari, dan malam hari. Selain itu, tambahkan dua kali makanan selingan di antara waktu makan utama. Terkadang anak yang susah makan sebenarnya tidak merasakan lapar di waktu yang seharusnya menjadi waktu makan.

  1. Sajikan makanan dengan tampilan menarik

Salah satu cara yang cukup ampuh agar anak mau makan yaitu dengan menyajikan makanan dalam tampilan yang menarik. Seperti contohnya membentuk nasi menjadi berbentuk kelinci, hati, atau bahkan bentuk kartun kesukaan anak. Jangan lupa hiasi dengan sayuran seperti wortel sebagai matanya, atau sayuran hijau sebagai rumput. Bisa juga dengan menggunakan piring dan alat makan dengan gambar karakter kesukaan anak untuk meningkatkan napsu makan si kecil.

  1. Buat kondisi makan yang menyenangkan

Mungkin anak malas makan karna bosan dengan cara makan yang hanya duduk di meja makan saja.Sesekali ajak anak melakukan aktivitas menyenangkan sambil memberinya makan, misalnya untuk anak perempuan bisa sambil sambil bermain boneka atau masak – masakan, sedangkan untuk anak laki-laki bisa sambil bermain mobil – mobilan. Bisa juga ajak anak untuk ikut membuat makanannya sendiri. Dengan begitu, anak akan lebih mau makan dengan makanan yang telah ia siapkan sendiri.

  1. Jangan terlalu sering jajan di luar

Jangan membiasakan anak untuk terlalu sering mencoba makanan di luar. Anak dalam masa pertumbuhan baru mencoba berbagai rasa makanan, sehingga ia akan lebih pilih – pilih terhadap makanan yang akan ia makan. Jika orang tua terlalu sering memberikan makanan dari luar terutama yang kurang bersih dan tidak memiliki gizi yang cukup, akan menjadikan mereka tidak mau makan makanan yang sehat dari rumah.

Nah, itu dia beberapa tips untuk ibu agar si kecil mau makan. Memang ketika anak sulit makan rasanya ingin sekali kita memarahinya, namun jangan lakukan itu ya, karna hanya akan membuatnya trauma. Tetap sabar dan tenang, karna pasti akan selalu ada cara membuat si kecil napsu makan kembali.

 

Referensi :

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3138625/ini-12-trik-jitu-agar-anak-doyan-makan

https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/gizi-anak/mengatasi-anak-susah-makan/

https://www.halodoc.com/artikel/tips-cerdas-agar-anak-makan-dengan-lahap