Masa pandemi yang tak kunjung usai ini memang, menyebabkan banyak orang tidak bisa keluar rumah, sehingga wajar bila kita dan si kecil mengalami kebosanan. Terutama bagi si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan dan sedang aktif-aktifnya, rasa bosan pasti lebih cepat ia rasakan, dan sebagai orang tua, kita semakin harus kreatif untuk membuat ide-ide kegiatan di dalam rumah. Jangan sedih! Simak ide-ide berikut yang bisa menjadi alternatif kegiatan di rumah, Tanpa memerlukan banyak alat atau hal yang rumit, cukup dengan menggunakan barang-barang yang mudah ditemukan di rumah. Jangan lupa yang paling penting adalah kita siapkan waktu dan perhatian oenuh untuk bermain dengan si kecil. Ini dia ide-idenya: :

  1. Berkemah

Kegiatan yang satu ini, cocok sekali untuk dilakukan ketika ibudan Si kecil sudah bosan melakukan aktivitas di dalam rumah, dan mulai rindu suasana di luar rumah, Berkemah!. Jika Kesayangan Oma memiliki tenda untuk bekemah, tidak ada salahnya mencoba berkemah walau hanya di halaman rumah. Hias tenda tersebut bersama Si kecil, misalnya dengan menambahkan lampu-lampu untuk memperindah tenda. Lakukan kegiatan di dalam tenda seperti membacakan dongeng, atau membuat barbeque di sekitar tenda.

  1. Berolahraga

Beberapa mungkin berfikir kalau kegiatan yang satu ini di anggap terlalu serius. Namun sebenarnya, banyak sekali kegiatan olahraga yang bisa dilakukan sambil bermain, dan pastinya akan sangat menyenangkan jika dilakukan bersama Si kecil di rumah. Misalnya dengan menari mengikuti irama musik yang digemari oleh mereka, atau bersepeda di sekitar komplek perumahan juga akan terasa menyenangkan. Bersepeda ini dapat dilakukan di pagi hari, sehingga si kecil juga terbiasa untuk berjemur dan mendapatkan vitamin D langsung dari sinar matahari.

  1. Bermain Permainan Tradisional

Kegiatan yang bisa dilakukan di rumah dan tentunya tidak kalah menarik dari bermain gadget adalah bermain permainan tradisional. Mungkin banyak anak – anak jaman sekarang yang sudah tidak mengenal permainan tradisional seperti petak umpat, lompat tali dengan jalinan karet gelang, bola bekel, kelereng, dan permainan tradisional lainnya. Ini saatnya kita mengenalkan kembali kepada si kecil permainan – permainan tersebut sambil bercerita nostalgia orang tua saat bermain permainan tersebut di masa kecil. Cerita orangtua akan menarik dan mengakrabkan bonding dengan anak..

  1. Berkreasi dengan DIY (Do It Yourself)

Jika ingin melakukan kegiatan yang menguji kreativitas si kecil, cobalah berkreasi dengan DIY. DIY memicu anak untuk berpikir kreatif denganmemanfaatkan barang-barang di sekitar mereka. Misalnya, dapat dimulai dengan mengumpulkan botol – botol plastik, untuk membuat suatu pajangan di rumah, membuat bentuk bunga dari kain, atau membuat gelang dan kalung menggunakan manik – manik. Dengan begitu, selain kita memberikan ide kegiatan di rumah, hal ini juga akan memicu kreatifitas dan si kecil akan belajar untuk memanfaatkan barang bekas di rumah untuk diubah menjadi suatu hal yang dapat digunakan kembali.

  1. Memasak bersama

Kegiatan memasak, dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan bersama si kecil. Mengajarkan memasak dari dini akan membantu si kecil belajar motorik dari mengaduk, menumbuk, maupun memotong, juga mengajarkannya mengenal intruksi dari ibu. Untuk kegiatan memasak ini, pastikan kita selalu siaga untuk mendampingi, hindari si kecil melakukan kegiatan memasak yang berbahaya seperti mengoreng di wajan yang panas, maupun memotong dengan pisau tajam. Kita dapat mengajarkan hal yang sederhana, seperti menuang bumbu, mengaduk adonan, maupun memotong menggunakan gunting tumpul.

Nah, itu dia beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak di rumah. Siapkan waktu untuk mengajak si kecil melakukan kegiatan – kegiatan di atas, karna anak – anak pasti akan menyukai hal – hal baru, jadi jangan terpaku hanya pada satu kegiatan saja. Gantilah kegiatan setiap anak sudah mulai merasa bosan, dan jangan takut bereksperimen bersama si kecil di rumah karena kelak hal tersebut akan menjadi kenangan tersendiri bagi ibu dan anak .

Referensi :

https://www.prestasiglobal.id/kegiatan-yang-dapat-dilakukan-bersama-anak-di-rumah/

https://www.halodoc.com/artikel/4-kegiatan-sederhana-yang-bisa-dilakukan-bersama-keluarga