Waktu berbuka puasa adalah momen yang ditunggu-tunggu untuk mengisi ulang tenaga setelah seharian berpuasa. Di Indonesia, kita punya tradisi saat berpuasa yaitu mengkonsumsi takjil untuk berbuka. Ada banyak pilihan takjil yang bisa Kesayangan Oma coba, tapi pastikan untuk pilih yang aman agar tetap menjaga kesehatan tubuh selama bulan suci ini. 

Hindari yang mengandung gula dan minyak berlebih. Cobalah menu takjil yang lebih aman dan bermanfaat buat tubuh, seperti rekomendasi di bawah ini. Dengan demikian, Kesayangan Oma bisa tetap menjaga kesehatan tubuh dan mendapatkan energi yang cukup untuk menjalani ibadah puasa dengan lancar selama bulan Ramadan.

 

1. Kurma 

Kurma adalah buah yang kaya serat dan energi, jadi pilihan yang baik untuk mencegah makan berlebihan saat berbuka puasa. Tetapi, jangan lebih dari 3 butir Kurma ya Kesayangan Oma, karena kandungan gula di dalamnya cukup tinggi. Kurma juga merupakan salah satu makanan yang disunnahkan untuk berbuka puasa, karena kandungan serat, potasium, dan magnesiumnya dapat membantu mengatur kadar gula darah dan memberikan energi buat tubuh.

2. Kata Oma Gula Aren 

Kata Oma Gula Aren adalah pilihan takjil yang pas untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis alami dari Gula Aren Asli bisa memberikan energi setelah seharian berpuasa. Selain itu, terbuat dari telur asli yang kandungan nutrisinya tinggi, dengan kandungan telur lebih dari 20%, sehingga bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan saat berbuka.

3. Smoothies Buah

Menu takjil ini lebih unggul dibandingkan jus biasa karena smoothies mengandung serat yang tinggi. Satu gelas saja sudah cukup untuk menghilangkan rasa haus dan lapar Kesayangan Oma. Biasanya, smoothies terbuat dari campuran yoghurt atau susu dengan potongan buah segar. Pilihlah susu atau yoghurt rendah lemak dan gula untuk membuat smoothies yang lebih aman. Campurkan buah favorit Kesayangan Oma dengan beri sedikit yoghurt atau susu almond untuk hasil yang menyegarkan. Hindari penambahan gula buatan agar smoothies tetap sehat dan bergizi.

4. Kolak tanpa menggunakan santan

Kolak adalah makanan berbuka puasa yang populer di kalangan masyarakat, tetapi beberapa orang menghindarinya karena kandungan santannya. Solusinya, Kesayangan Oma bisa membuat kolak lebih aman dengan menggunakan susu skim rendah lemak. Kolak tanpa menggunakan santan bisa menjadi pilihan takjil yang menyegarkan dan menyehatkan, serta membantu menjaga hidrasi tubuh dan meningkatkan asupan vitamin.

 

Nah, itu tadi beberapa pilihan takjil yang aman untuk berbuka puasa. Memilih takjil yang sehat itu tidak hanya soal nutrisi, tetapi juga soal menjaga badan tetap fit dan bugar selama bulan Ramadan. Dengan pilihan takjil yang aman seperti ini, bukan hanya membuat perut kenyang tapi juga membantu badan Kesayangan Oma biar tetep siap buat berpuasa dengan optimal di kemudian hari.

 

 

Sumber: https://momsmoney.kontan.co.id/news/bukan-gorengan-ini-rekomendasi-takjil-sehat-untuk-berbuka-puasa-selama-ramadan

https://rri.co.id/index.php/ramadan/591447/pilihan-takjil-sehat-untuk-buka-puasa

https://www.kompas.tv/cerita-ramadan/395032/rekomendasi-6-menu-takjil-sehat-untuk-berbuka-puasa?page=all