Indonesia dikenal dengan keberagamanya, dimulai dari lagu daerah, baju adat, rumah adat, bahasa daerah, sampai makanan khas daerah. Bicara soal makanan khas daerah, pastinya setiap daerah di Indonesia  memiliki makanan khas masing – masing dengan cita rasa yang unik, lezat, dan menggugah selera, karena menggunakan bahan dan rempah – rempah hasil alam sendiri. Tak heran jika kuliner Indonesia dapat terkenal ke seluruh dunia, bahkan bukan hanya makanan pokok saja, namun Indonesia juga kaya akan camilan dan jajanan yang wajib dicoba. Berikut adalah 5 jenis camilan yang berasal dari 5 daerah berbeda di Indonesia, mungkin kita telah mengetahui camilan ini sejak lama, tapi tidak tahu darimana asalnya. Yuk cek di bawah ini, darimana saja 5 camilan ini berasal.

  1. Bika Ambon

Jika terlihat dari namanya, banyak yang mengira camilan yang satu ini merupakan camilan yang berasal dari Ambon, namun sebenarnya Bika Ambon merupakan camilan yang berasal dari daerah Sumatra Utara dan biasanya banyak ditemukan di kotaMedan, dan menjadikannya sebagai oleh – oleh khas Medan. Tekstur dari camilan ini seperti berserat, namun ketika dimakan lembut, kenyal dan manis, serta terkenal dengan warnanya yang kuning.

  1. Kerak Telor

Camilan khas Indonesia ini pasti sudah dikenal oleh banyak orang yang tinggal di Jakarta, kerak telor merupakan camilan yang berasal dari Jakarta atau dikenal sebagai jajanan kebanggaan suku Betawi. Jika ingin menemukan banyak penjual kerak telor, kita bisa datang ke tempat – tempat bersejarah yang ada di Jakarta, seperti Monas, atau Kota Tua. Camilan ini terbuat dari beras ketan, telur bebek, ebi, bawang goreng, dan aneka bumbu racikan yang gurih. Proses pemasakannya pun unik, karena beras ketan akan dimasak hingga kering pada wajan, dan bahkan dibuat agak sedikit kosong hingga berkerak lalu kemudian ditambahkan Telur Bebek dan komponen lainnya, itulah mengapa dikenal sebagai Kerak Telor. Rasanya yang gurih asin, selalu sukses menggoda selera dan langsung ingin membelinya.

  1. Kuku Macan / Amplang

Dilihat dari namanya, bukan berarti camilan ini benar – benar terbuat dari kuku macan, melainkan terbuat dari ikan tenggiri, hanya saja bentuknya yang menyerupai kuku macan, sehingga diberi nama demikian. Kuku macan atau Amplang merupakan camilan khas Kalimantan yang wajib dicoba, rasanya yang gurih dan garing sangat cocok dimakan dengan nasi maupun langsung dimakan sebagai camilan.

  1. Kue Sagu

Kue Sagu merupakan salah satu camilan yang cukup unik, karna tekstur dari camilan ini cukup keras saat digigit, namun akan melunak jika sudah masuk ke dalam mulut. Camilan ini membutuhkan waktu yang cukup lamadalam proses pembuatannya, karena sebelum adonan kue dibuat, harus membuat serundeng terlebih dahulu, yaitu ampas kelapa yang dioseng hingga berwarna merah. Serundeng ini dicampur dengan sagu, telur, gula merah, dan santan. Barulah menjadi camilan yang dinamakan Kue Sagu. Camilan ini merupakan camilan khas Papua Tengah.

  1. Getuk

Camilan yang satu ini merupakan camilan yang populer di Jawa Tengah, camilan getuk terbuat dari ketela pohon atau singkong, cara membuatnya yaitu singkong ditumbuk sampai halus untuk selanjutnya dikukus hingga matang, lalu bisa disajikan dengan taburan kelapa yang gurih. Rasa manis dari singkong bersatu dengan gurihnya taburan kelapa akan menghasilkan perpaduan rasa yang semakin lezat dan nikmat.

Nah itu dia 5 camilan dari 5 daerah di Indonesia, yang menarik sekaliuntuk dicoba. Seperti yang kita tau, Indonesia memiliki banyak sekali camilan khas yang tersebar di 34 Provinsi, 5 camilan di atas hanya sebagian kecil dari banyak camilan lain. Maka dari itu, kita patut bangga dengan kekayaan Indonesia.

Referensi :

https://www.primarasa.co.id/artikel-boga/camilan-khas-dari-berbagai-daerah-di-indonesia

https://hot.liputan6.com/read/4464901/40-makanan-khas-daerah-di-indonesia-beserta-asalnya-wajib-dicicipi

https://kumparan.com/kumparanfood/infografik-10-jajanan-tradisional-khas-indonesia-mana-favorit-kamu/full