Sebelum Indonesia merdeka, kita masih berada di bawah kekuasaan Jepang dan sempat dijajah selama bertahun – tahun. Namun, para pejuang kemerdekaan tidak berdiam diri saja, mereka berusaha menemukan segala cara untuk meraih kemerdekaan. Tepatnya di bulan Agustus 1945, banyak sekali peristiwa – peristiwa bersejarah dari perjuangan para pahlawan dan Bangsa Indonesia yang harus dilalui. Hingga akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945 bung Karno didampingi bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan RI. Nah, simak beberapa sejarah penting dari kemerdekaan Indonesia berikut ini.

  1. Bom atom Hiroshima dan Nagasaki

Jepang mengalami musibah ledakan bom atom yang ternyata beraasal dari pesawat Amerika Serikat.Bom pertama jatuh pada tanggal 6 Agustus 1945 pukul 08.15 di Hiroshima yang diperkirakan merenggut hingga 140 jiwa. Tidak selesai sampai disitu, Amerika Serikat kembali meledakan bom atom pada tanggal 9 Agustus 1945 pukul 11.02, di daerah Nagasaki dan merenggut 74 ribu nyawa.

  1. Jepang menyerah kepada sekutu

Setelah 6 hari dari kejadian bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, tepat pada tanggal 15 Agutus 1945 Jepang mengumumkan menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Kekalahan Jepang diumumkan oleh Kaisar Jepang Hirohita di stasiun radio nasional. Menyerahnya Jepang tanpa syarat menjadi akhir dari Perang Dunia II, sehingga Indonesia mengalami kekosongan kekuasaan saat itu.

  1. Peristiwa Rengasdengklok

Setelah Jepang mengumumkan untuk menyerah, terjadi pro kontra menjelang pembacaan proklamasi antara golongan tua yaitu para anggota PPKI seperti Soekarno dan Hatta dan golongan muda yaitu diwakili para anggota PETA dan para mahasiswa. Kekalahan Jepang membuat tokoh golongan muda mendesak Soekarno dan Hatta untuk menyatakan kemerdekaan. Namun, golongan tua  masih enggan menyatakan kemerdekaan. Lalu, berdasarkan diskusi di antara golongan muda, tepat pada tanggal 16 Agustus dini hari mereka melakukan penculikan terhadap Soekarno dan Hatta untuk diamankan ke Rengasdengklok. Penculikan ini dilakukan untuk menjauhkan Soekarno dan Hatta atau dikenal dengan tokoh golongan tua agar dijauhkan dari pengaruh Jepang.

  1. Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan

Pembacaan proklamasi kemerdekaan dilakukan pada tanggal 17 Agutsus 1945 pukul 10.00 yang dilakukan di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta.. Naskah proklamasi yang telah disusun di rumah perwira angkatan laut Kekaisaran Jepang, Laksamana Maeda, dan naskah tersebut dibacakan langsung oleh Soekarno. Perjalanan Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan memang tidak sebentar. Penduduk tanah air harus merasakan penjajahan yang kejam dalam kurun waktu bertahun tahun.

Nah, itu dia beberapa sejarah penting dari kemerdekaan Indonesia, sebagai Bangsa Indonesia kita patut merasa bangga terhadap para pahlwan – pahlawan Indonesia yang sudah berjuang demi mendapakan kemerdekaan Indonesia.

Referensi :

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5664819/8-peristiwa-penting-bulan-agustus-dari-bom-hiroshima-sampai-kemerdekaan-ri/2

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/rangkuman-sejarah-kemerdekaan-indonesia-di-tahun-1945-/