Wabah Covid-19 menyebabkan semua orang diharuskan berdiam diri di rumah saja demi menjaga jarak social. Dengan kurun waktu yang cukup lama, keadaan tersebut akan membuat kita sebagai makhluk social menjadi mudah bosan, terutama bagi si kecil yang sedang aktif – aktifnya, namun hanya bisa melakukan segala aktivitas di rumah saja. Hal tersebut jika tidak segera kita perhatikan, hanya akan membuat anak – anak terutama kakak-beradik menjadi berantem karna mereka sudah merasa bingung harus melakukan apa. Maka dari itu, peran kita sebagai orang tua sangat dibutuhkan untuk mencari ide – ide kreatif agar anak – anak dapat memiliki aktivitas menarik yang dapat dilakukan bersama – sama. Nah, ini dia 3 ide permainan yang dapat dimainkan oleh kakak beradik :

  1. Permainan Panas Dingin

Permainan ini sangat mudah dan seru dimainkan oleh kakak dan adik di rumah. Yang perlu disiapkan untuk memainkan permainan ini yaitu dua pemain atau lebih, dan satu buah benda apa saja. Permainan ini jika dimainkan oleh seluruh anggota keluarga juga semakin seru lho. Lalu, nanti ibu atau ayah bisa memilih pemburu dan meminta mereka untuk pergi dari ruangan permainan terlebih dahulu, lalu sembunyikan benda yang sudah ditentukan ke tempat yang sulit digapai. Kemudian panggil pemburu untuk masuk ke arena permainan dan meminta mereka mencari barang tersebut.

Namun, cara mencarinya ibu atau ayah bisa menggunakan kata “lebih panas” jika pemburu semakin dekat dengan benda yang dicari, atau “kebakaran” jika pemburu sangat dekat dengan barangnya. Sebaliknya, jika menggunakan kata “lebih dingin” berarti pemburu semakin jauh dengan barang tersebut, atau menyebut kata “kedinginan” jika pemburu sangat jauh dari barangnya. Bantu pemburu sampai berhasil menemukan barang tersebut.

  1. Permainan Tebak Objek

Selain sebagai kegiatan di rumah, permainan ini juga dapat melatih kreatifitas anak dalam mendeskripsikan suatu objek atau benda. Dalam permainan ini, ibu atau ayah sebagai yang mendampingi meminta salah satu pemain sebagai pemain A untuk menutup mata dan telinganya, lalu pemain lainnya atau kita sebut pemain B diminta untuk memilih objek apa yang dipilih untuk ditebak oleh pemain A. Setelah itu, tulis nama objek tersebut di secarik kertas, dan minta pemain A menebak objek yang sudah ditulis di secarik kertas tersebut.
Namun, cara menebaknya dengan memberikan maksimal 20 pertanyaan tentang deskripsi objek tersebut, dan pemain B hanya boleh menjawab “ya” atau “tidak” .

Contohnya, objek yang dipilih yaitu pisang. Lalu pemain B akan bertanya “Apakah itu makanan?” atau “Apakah warnanya terang?” dan seterusnya, hingga pemain A dapat menjawab dan berganti posisi.

  1. Petak Umpat

Permainan yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi kita, namun apakah anak – anak yang baru lahir di jaman – jaman sekarang ini sudah mencobanya? Mungkin mereka belum mengenal permainan petak umpat ini. Ajak anak – anak kita untuk memainkan permainan ini jika sudah mulai bosan dengan kegiatannya. Bisa mulai dengan meminta kakak untuk “jaga” atau dalam artian menjaga tempat ia menutup mata, dan meminta adik untuk bersembunyi agar tidak ketauan oleh kakak. Lalu kakak akan menghitung sampai 10 dan mulai mencari sang adik. Jika ketauan, kakak harus segera kembali ke tempat ia mengumpat untuk memenangkan permainan.Ajak kakak dan adik untuk bergantian mengumpat,agar lebih seru dan ramai ajak seluruh anggota keluarga yang sedang tidak berkegiatan untuk ikutan main. Pasti akan terasa semakin seru.

Nah, itu dia beberapa ide permainan yang dapat dimainkan oleh kakak beradik di rumah. Tetap awasi mereka saat bermain, agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Dengan kita banyak memberikan ide permainan selama di rumah aja, anak akan merasa senang melakukannya dan tidak selalu terpaku dengan gadget. Semoga ide diatas dapat menjadi insipirasi para orang tua semua ya J

Referensi :

https://www.generasimaju.co.id/ajak-si-kecil-aktif-bermain-bersama-kakak-dan-adik-dengan-5-permainan-anak-ini